Minggu, 15 November 2009

toekangkeboen.com Milik Siapa?

Belum lama ini, saya dikejutkan oleh banyaknya email dan SMS yang sekedar tanya pada saya, mengenai ikhwal toekangkeboen.com. Awalnya saya menganggap pertanyaan bodoh itu tidak perlu dijawab.

Seperti dalam kasus plagiat Abi terhadap tulisan saya di Kontan, baru belakangan saya tahu penyebabnya, yaitu ketika iseng2 masuk ke mesin pencari Google, ditemukan teks begini:

Awalnya ia membuat toekangkeboen.com. Selanjutnya tahun 2005, dibuat toekangboenga.com untuk penjualan adenium dan melepas toekangkeboen.com pada rekan. ... dst....

Siapa yang dimaksud ia dalam tulisan itu? Langsung saya klik tulisan tersebut. Yang dimaksud ia, rupanya Pak Teguh, sobat saya di Purwokerto. Tulisan itu pernah dimuat di Tabloid Gallery dan memang menyebut-nyebut toekangkeboen.com berdasarkan nara sumber Pak Teguh yang saya kenal paling banyak punya website jualan tanaman hias. Yang kaget, di Tabloid Gallery itu dikesankan seolah-olah pemilik toekangkeboen.com adalah Pak Teguh yang saya ketahui punya toekangboenga.com, daoenbagoes.com dlsb. itu.

Langsung saya hubungi Pak Teguh sekadar untuk menanyakan kok bisa ada tulisan seperti itu. Dan demi kebenaran saya sarankan, seyogyanya diralat saja, supaya publik jangan memperoleh informasi salah. Pak Teguh langsung mencak-mencak, agar saya tidak perlu meralat, karena beliau takut dianggap pembohong atau memberi data palsu kepada wartawan.

Hari itu juga, Pak Teguh langsung mengirim email berisi jawabannya terhadap tabloid dimaksud.
Tanggal: Tue, 11 Mar 2008 21:35:42 +0700 (ICT)
Dari:
"pak tani"
Topik: Terusan: Re: Balasan: Permohonan menjadi nara sumber untuk Tabloid Gallery
Kepada: kj@toekangkeboen.com

1. sejak kapan mulai menjual tanaman hias on line, dan dimana alamat kebunnya. Sejak th 2003 saya membuat website :
toekangkeboen.com yang kemudian saya berikan gratis kepada teman saya Kurniawan Junaedhie sebagai hadiah persahabatan pada tahun 2004. Tahun 2005 saya membuat website baru :petanibunga.com bahken kemudian disusul dengan lain-lainnya yaitu : toekangboenga.com (sepesial adenium), bijibunga ( biji adenium), daoenbagoes (tanaman daun : aglaonema, anthurium, philodendrondsb), tokopupuk.com (pupuk dan sarana produksi pertanian), adeniumlegenda (adenium klasik, antik danlegendaris), dsb. Alamat kebun : di Jalan Wahid Hasyim 273 A Purwokerto Jawa Tengah.

2. s/d 5 (didelete, kj)

--- tabloid gallery <
tabloid.gallery@gmail.com> wrote:>

Selamat siang
, kebetulan edisi depan tabloid gallery ingin membahas pembelian secara on line disini kami ingin menjadikan web site pak tani menjadi salah satu narasuber.. ada beberapa pertanyaan yang ingin kami ketahui..
1. sejak kapan mulai menjual tanaman hias on line, dan dimana alamat kebunnya
(selanjutnya saya delete, kj)

Sungguh, saya tidak pernah komplin atau kirim surat ralat pada redaksi Tabloid Gallery. Di website toekangkeboen.com saya cuma menulis maklumat standar begini:

DIBERITAHUKAN bahwa TOEKANGKEBOEN.COM tidak memiliki hubungan --baik agen, perwakilan atau cabang-- dengan sebuah nursery online di mana pun, sebagaimana dimuat di sebuah media massa baru-baru ini. Bisnis, design web dan domain name sepenuhnya milik Kurniawan Junaedhie sejak tahun 2003. Mohon relasi dan pelanggan maklum.

Setelah saya beritahu kasus ini, teman-teman pun berkomentar: angin lebih suka menerpa pohon tinggi. Saya jawab, sebodo.

Beginilah nasib seorang mandor kebon.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar