Senin, 16 November 2009

Tukang Kebun Profesional

Popularitas dan eksistensinya di jagad jurnalistik nasional rela dia tinggalkan, hanya untuk menjalani profesi pedagang tanaman hias. Tapi, terobosan pemasaran yang dilakukannya melalui internet membuatnya meraih sukses.

MENJEJAK struktural tertinggi dalam sebuah pekerjaan, merupakan suatu hal yang didambakan kebanyakan orang. Namun tak sedikit pula yang akhirnya memilih hengkang demi menyelami kehidupan yang ‘lebih baru’ dan menantang dengan menjadi usahawan. Inilah yang dilakukan Kurniawan Junaedhie.

Ya, siapa yang tak mengenal lelaki yang satu ini dalam jagat dunia jurnalis dan kalangan penulis. Namanya tak asing sejak puluhan tahun silam, sebagai seorang wartawan dan penulis. Selain mampu meraih pucuk pimpinan, Kurniawan juga mampu melahirkan judul-judul buku yang ditulisnya dengan segenap hati.

Namun lelaki murah senyum ini akhirnya meninggalkan pekerjaannya demi menjajal dan menjajak sesuatu yang asing baginya, yakni menjalani usaha berjualan tanaman hias sejak 2005 lalu. “Memang kala itu, banyak yang berusaha menahan saya untuk tetap tinggal dan bergelut di media, tapi niat dan tekad saya sudah bulat untuk mengaruhi hidup baru,” urai Kurniawan kepada Berita Kota, Sabtu (8/8).

Berbekal hobi mengurus dan mengoleksi tanaman hias, Kurniawan makin yakin hidupnya bisa berkembang dengan berjualan di bidang yang masih sedikit orang menggelutinya. Saat memutuskan menjadi pedagang tanaman hias di Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang dengan label “Toekang Keboen”, Kurniawan tak hanya sekadar berjualan secara konvensional. Usahanya pun dikelola dengan sistem manajemen.

Dibantu sang istri, Kurniawan berusaha melakukan berbagai hal yang tak biasa dilakukan pedagang tanaman hias lainnya. Untuk memasarkan produk-produk unggulan tanaman hiasnya, Kurniawan tak hanya menerima kunjungan pembeli langsung ke lokasi, tapi juga melebarkan sayap dengan menjual via internet.

Hasilnya? Hampir dari seluruh penjuru Tanah Air sudah mengenal Toekang Keboen dan memesan aneka tanaman hias, baik yang dijual regular ataupun dijual dengan harga promosi dan lelang. Saban hari, Kurniawan selalu meng-update website-nya agar pembeli di dunia maya bisa terus melihat perkembangan harga-harga tanaman hias yang ditawarkan. Walaupun dijual lewat internet, namun Kurniawan selalu mengutamakan kualitas tanaman, sehingga pembeli tak kecewa saat menerima kiriman tanaman yang dipesannya. Dengan basis utama “Kepercayaan dan Bisa Dipercaya”, membuat usahanya berkembang pesat. Bahkan untuk memenuhi permintaan pelanggannya, sejak 2006 Toekang Keboen membuat toko pupuk, obat-obatan tanaman, serta toko buku dan majalah seputar pertanian. NAOMY

Dimuat Berita Kota Senin, 10 Agustus 2009 00:00

Tidak ada komentar:

Posting Komentar